KAYU TREMBESI

Kayu trembesi adalah salah satu jenis kayu khas dari daerah tropis khususnya Indonesia yang memiliki nilai komersial cukup baik di pasaran. Kayu ini  juga dikenal dengan nama kayu suar atau munggur. Trembesi berasal dari genus Albizia, Jenis kayu ini memiliki lingkar pohon yang sangat besar hingga mencapai 4,5 meter dengan tinggi rata-rata 30 m sampai 40 m.

Kayu trembesi banyak dijumpai di pulau  Jawa, Sulawesi, Maluku , Sumatera bahkan sampai ke Nusa Tenggara. Kayu yang satu ini juga bisa ditemukan didaerah lain, sebab persebaran pohon kayu trembesi ini memang termasuk  cepat dan dapat tumbuh di seluruh daerah di Indonesia.

Oleh masyarakat yang bergerak di industri perkayuan, kayu ini sangat mudah di olah menjadi berbagai produk mebel dan furniture sebab kayu yang tersedia memiliki ukuran yang besar. Yaitu dibuat sebagai bahan baku produk furniture menggantikan kayu jati.

Kayu trembesi juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai macam produk seperti untuk membuat pintu, patung, ukiran, dan aneka produk kerajinan lainnya.

Beberapa ciri-ciri umum dari kayu trembesi yaitu Warna serat  kayu  bagian luarnya  berwarna agak gelap  coklat tua ber garis-garis hitam. Sedangkan bagian gubalnya berwarna putih. Sedangkan masa kayu trembesi memiliki berat jenis rata-rata 0,60, itu artinya tergolong cukup berat. Dengan tingkat keawetan  kayu dengan tingkat awet kelas IV dan memiliki tingkat kekuatan kayu dengan tingkat kuat kelas III.

Kami menawarkan Produk dan bahan dari kayu Trembesi untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi link : Kayu Trembesi